CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN SIMULASI TANGGAP DARURAT

Dibawah ini adalah format contoh pelaporan pelaksanaan simulasi tanggap darurat yang bisa dijadikan referensi pelaporan. Semoga bermanfaat

Laporan Simulasi Tanggap Darurat



PT Xxx





 Evaluasi Uji Simulasi Keadaan Darurat Kebakaran, P3K dan Tumpahan B3

                                                             









Laporan Evaluasi Sistem Kesiagaan dan Tanggap Darurat PT Xxx menyampaikan hasil evaluasi simulasi tanggap darurat kebakaran dan tumpahan B3 untuk memastikan penerapan standar ketentuan pengelolaan tanggap darurat yang diberlakukan di internal perusahaan PT Xxx dengan mempertimbangkan faktor keselamatan kesehatan kerja, lingkungan dan keamanan (Health Safety, Environment, Security) yang mempengaruhi kinerja manajemen perusahaan.

Objective – Target (Tujuan – Sasaran).
Simulasi kesiagaan dan tanggap darurat yang dilakukan di PT Xxx tanggal 26  Januari 2017 bertujuan memastikan kesiagaan dan kelengkapan pengelolaan tanggap darurat sesuai dengan prosedur, dampak lingkungan dan gangguan keamanan di ruang lingkup penerapan operasional PT Xxx. Sasaran yang ingin dicapai adalah peningkatan kompetensi karyawan dalam pencegahan dan penanggulangan keadaan darurat, kesiagaan seluruh sumber daya yang dibutuhkan saat terjadi keadaan darurat serta kehandalan sumber daya (manusia, infrastruktur, teknologi, keuangan) dalam penanggulangan dan pemulihan keadaan darurat bila kejadian benar-benar terjadi.
Sistem Tanggap Darurat menjamin manajemen perusahaan melakukan pengembangan usaha dan meningkatkan kinerja bisnis tanpa terganggu oleh kejadian tak terduga yang diakibatkan oleh kerugian asset perusahaan akibat terjadinya keadaan darurat. Selain itu, menjamin kepercayan investor, customer dan pasar dalam realisasi produk secara kontinyu dan reliable.

1.Emergency Response Plan

a.    Emergency Zone Layout
Ø  Semua Unit Kerja mengidentifikasi potensi keadaan darurat dan dituangkan dalam denah zona keadaan darurat
Ø  Denah Zona Keadaan Darurat sudah ditetapkan dan disosialisasikan kepada karyawan di area bersangkutan.

b.    Emergency Infrastructure
Infrastruktur fasilitas Tanggap Darurat (Pemadaman Kebakaran) :
1.      Fire Alarm
2.      Fire Detector (Heat)
3.      Fire Extinguisher (Alat Pemadam Api Ringan)
2.Emergency Response Operation

-          Struktur Organisasi Tanggap Darurat
-          Emergency Response Information System.
Komunikasi keadaan darurat sangat mempengaruhi kesiagaan dan tanggap darurat yang efektif dan tepat. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko dan dampak yang ditimbulkan saat terjadi keadaan darurat karena mampu mendeteksi sedini mungkin keparahan yang mungkin akan timbul.
a.      Komunikasi – 1 : Peringatan Deteksi Dini (Early Warning Detection System).
b.      Komunikasi – 2 : Instruksi Evakuasi (Evacuation Warning System).
c.       Komunikasi – 3 : Komunikasi Tanggap Darurat (Emergency Response Com.)
d.      Komunikasi – 4 : Komunikasi Tindakan Darurat (Emergency Action Com.)

1.1.  Emergency Protection & Prevention
Pengendalian Keadaan darurat disesuaikan dengan identifikasi keadaan darurat di PT Xxx  adalah :
a)    Pengendalian Darurat Bencana Alam Banjir
b)    Pengendalian Darurat Bencana Alam Gempa
c)    Pengendalian Darurat Kebakaran
d)    Pengendalian Darurat Peledakan
e)    Pengendalian Darurat Tumpahan Bahan Kimia
f)Pengendalian Darurat Ancaman Teroris
Secara dokumen, pengendalian darurat dituangkan dalam instruksi kerja pengendalian keadaan darurat sesuai identifikasi darurat yang ada di organisasi tersebut. Pengendalian darurat meliputi tindakan penangulangan, pencegahan, isolasi dan pemulihan keadaan darurat pada keadaan normal sebelumnya. Pengendalian darurat bisa melibatkan pihak internal secara terpadu maupun pihak eksternal bila kecukupan, ketersediaan, kemampuan dan kehandalan sumber daya internal belum memadai. Oleh karena itu, untuk memastikan berfungsinya standar pengendalian yang sudah ditetapkan maka PT. Xxx melakukan simulasi tanggap dan tindakan darurat baik internal maupun melibatkan pihak eksternal secara periodik. Hasil simulasi ini akan dievaluasi efektivitasnya guna meningkatkan kinerja sistem tanggap darurat secara berkelanjutan.

1.2.      Emergency Contingency Plan
Pada suatu ketika akan terjadi keadaan darurat dimana kecukupan, ketersediaan, kemampuan dan kehandalan sumber daya internal dan eksternal tidak mampu menanggulangi keadaan darurat yang berada pada skala luar biasa. Bila hal ini terjadi, maka PT Xxx mendefinisikan rencana alternatif evakuasi sumber daya yang berada di ruang lingkup organisasi untuk mampu mengevakuasi ke zona eksternal yang mampu mengurangi resiko yang dihadapi. Sebagai contoh terjadinya keadaan darurat tsunami, bocoran radiasi nuklir, gempa bumi dan lainnya.

Bila hal ini terjadi, koordinasi dengan pihak eksternal menjadi pilihan yang tepat baik pihak kawasan industri, pemerintah daerah maupun pusat. Kejadian luar biasa seperti ini jarang diperhatikan oleh berbagai pihak, sehingga uji simulasi secara periodik tidak pernah dilakukan. Beberapa pengalaman bencana alam yang luar biasa, ternyata hanya sebagian kecil saja yang sudah mampu melakukan evakuasi ke daerah zona aman dan mampu mengurangi resiko yang ditimbulkan.
2.        Emergency Evaluation System
Rekomendasi Tindakan Perbaikan dan Pencegahan
Uji Simulasi Keadaan Darurat
PT Xxx

Tanggal Pelaksanaan              : 26 Januari 2017
Waktu Pelaksanaan                : 14.00
Tempat Pelaksanaan              : Internal PT Xxx
Klasifikasi Simulasi                  : Emergency Simulation Drills
-   Kebakaran
-   P3K
-   Tumpahan B3

NO
EVALUASI EFEKTIVITAS
REKOMENDASI TINDAKAN
PERBAIKAN & PENCEGAHAN
KET.
A.        Evaluasi Sistem Manajemen – Sumber Daya
A.1. Evaluasi Sumber Daya - Manusia
1.
Knowledge (Pengetahuan) & Pemahaman Sistem Tanggap Darurat.
Pada simulasi evakuasi karyawan dari area kerja menuju Titik Berkumpul  masih harus dipastikan bahwa karyawan memahami sistem tanggap darurat yang tersedia berupa jalur evakuasi, protocol evakuasi yang sudah ditetapkan. Tindak lanjut dilakukan sosialisasi / pelatihan dasar evakuasi darurat.
Karyawan juga dapat memahami tindakan mencegah dan mengurangi dampak lingkungan dari situasi darurat


2.
Awareness (Kepedulian / Kesadaran) Pada Sistem Tanggap Darurat.
Pada simulasi tanggap darurat, seluruh karyawan diupayakan terlibat untuk memastikan pentingnya mendeteksi keadaan darurat sedini mungkin. Awareness terhadap sistem tanggap darurat yang ada masih harus ditingkatkan dengan seringnya dilakukan simulasi minimal 1 tahun sekali secara berkala dengan peningkatan skala darurat hingga tingkat berat.

3.
Skill (Keahlian & Kemampuan) Karyawan dan Tim Penanggulangan
Seluruh Karyawan disarankan mampu menanggulangi kondisi darurat (Kebakaran , P3K, tumpahan B3 melalui pelatihan praktis bertahap di lapangan.
Karyawan juga harus mampu mengindetifikasi, mencegah dan mengurangi aspek dan dampak lingkungan yang terjadi akibat pemulihan keadaan darurat, seperti : dampak tumpahan B3, dampak asap kebakaran, dampak bekas APAR, terhadap lingkungan. 

A.2. Evaluasi Sumber Daya – Infrastruktur
4.
Simbol / Emergency Signing
Penyediaan “Emergency Signing” (Tanda Darurat) atau Simbol Petunjuk Keadaan darurat masih terdapat potensi tidak terdeteksi saat keadaan darurat. Disarankan kelengkapan “Emergency Signing” adalah sebagai berikut :
a.    Tanda Panah Arah Jalur evakuasi : Ditempatkan di dinding dengan ketinggian min.170 cm (diatas ketinggian rata-rata manusia).
b.    Seluruh fasilitas darurat (APAR, Fire Alarm, Heat detector, dll) dilengkapi tanda petunjuk fasilitas bersangkutan.
c.    MSDS belum semua terpasang di area yang menggunakan carian B3

5.
Infrastruktur Bangunan / Jalan – Masih belum dipastikan “Free Access” (Bebas Hambatan)
Ketentuan standar mandatory bahwa Jalur Evakuasi darurat harus “Free Access” (Bebas Hambatan). Disarankan melengkapi Jalur Evakuasi Darurat dengan fasilitas berikut :
a.    Pastikan tidak terdapat sumber bahaya di jalur evakuasi seperti kerikil, benda tajam, lubang, licin, peralatan berbahaya, sumber panas, terhalang sesuatu dan bahaya lainnya.
b.    Sepanjang Jalur Evakuasi Darurat harus dipastikan tidak terjadi benturan dengan dinding, plafon atap yang jatuh (potensi jatuh saat gempa), benda atau perlengkapan yang menghalangi.

6.
Infrastruktur Perlengkapan Fasilitas Tanggap darurat – Inspeksi dan Pemeliharaan
Perlengkapan fasilitas tanggap darurat berpotensi tidak siaga (Preparedness) akibat kegagalan inspeksi dan pemeliharaan secara berkala yaitu :
a.    Sistem Alarm Kebakaran
b.    Sistem Pendeteksi Kebakaran
c.    Fire Extinguisher (APAR)
d.    Fire Sirine
e.    Tersedianya kotak P3K
f.     Kain majun dan pasir untuk penanganan tumpahan B3
g.    Tersedianya yellow line
Disarankan teridentifikasi seluruh perlengkapan dan fasilitas tanggap darurat di seluruh operasional PT Xxx untuk dilakukan inspeksi dan pemeliharaan secara berkala dan terdokumentasi.

7.
Infrastruktur Perlengkapan Pelindung Diri Tim Darurat & Koordinator
Perlengkapan Pelindung Diri Darurat harus dipastikan berfungsi saat terjadi keadaan darurat dan simulasi. Potensi ketidaklayakan penggunaan akibat belum dipastikan inspeksi dan pemeliharaan secara berkala dan terdokumentasi.

B.        Evaluasi Sistem Manajemen – Standarisasi / Pedoman
B.1. Evaluasi Standarisasi
2.
Struktur Organisasi Tanggap Darurat
Struktur Organisasi tanggap Darurat harus dipastikan sudah ditetapkan, dikomunikasikan, diterapkan di PT Xxx. Potensi sinkronisasi Peran masing-masing tim perlu ditingkatkan saat simulasi keadaan darurat. Disarankan struktur organisasi tanggap darurat tersedia di setiap area kerja termasuk nomor kontak komunikasi atau lainnya.

3.
Denah Jalur Evakuasi Keadaan Darurat (Emergency Evacuation Route Layout).
Beberapa “Denah Jalur Evakuasi Keadaan Darurat” harus dipastikan untuk diperbaiki antara lain :
a.    Jalur evakuasi yang ditetapkan selalu mengarah ke Assembly Point, singkat, cepat dan “free access”.
b.    Denah Jalur Evakuasi Keadaan Darurat disarankan sudah ditetapkan dan tersedia di area kerja sebagai pedoman karyawan.

4.
Instruksi Kerja Pengendalian Keadaan Darurat.
Disarankan untuk sosialisasi semua Instruksi Kerja Pengendalian Keadaan Darurat yang sudah ditetapkan dan harus tersedia diarea kerja terkait darurat yang terjadi adalah :
a.    Pengendalian Darurat Bencana Alam Banjir
b.    Pengendalian Darurat Bencana Alam Gempa
c.    Pengendalian Darurat Kebakaran
d.    Pengendalian Darurat Peledakan
e.    Pengendalian Darurat Tumpahan Bahan Kimia (B3)
f.     Pengendalian Darurat Ancaman Teroris

5.
Rekaman Kelayakan dan Kehandalan Infrastruktur Tanggap Darurat
Disarankan semua infrastruktur fasilitas tanggap darurat wajib dilakukan inspeksi dan terdokumentasi. Bukti inspeksi menjadi keharusan dalam sistem manajemen keselamatan dan tersimpan pada Document Control. Cheklist Inspeksi sudah ditetapkan dan mempunyai standar yang sama di semua infrastruktur serupa.











3.      Kesimpulan Simulasi Tanggap Darurat PT Xxx

3.1.Simulasi “Emergency Response” (Tanggap Darurat) sudah mampu mendeteksi keadaan darurat dengan memanfaatkan sistem manajemen yang ada.
Saran Peningkatan :
è Simulasi dilakukan secara berkala dan diberlakukan kepada seluruh proses, aktivitas dan pendukung yang terlibat dalam operasional perusahaan.
è Simulasi Tanggap darurat dilakukan bertahap dan bertingkat yaitu :
a.      Simulasi Tanggap Darurat Ringan : Darurat Ringan, Sosialisasi dan Persiapan
b.      Simulasi Tanggap Darurat Sedang : Darurat dengan kasus actual, sosialisasi, tanpa persiapan.
c.       Simulasi Tanggap Darurat Berat : Kejadian ada langsung di lapangan, tanpa sosialisasi, tanpa persiapan.
è Skenario simulasi tidak hanya kebakaran dan tumpahan B3 tetapi dilakukan simulasi lain seperti gempa bumi, ancaman bom, badai, dll.

3.2.Simulasi “Emergency Action” (Tindakan Darurat) sudah mempunyai ketrampilan spontan dan mampu melakukan tindakan darurat.
Saran Peningkatan :
a.      Tim Tindakan Darurat ditingkatkan “Knowledge & Skill” melalui training dan workshop secara rutin.
b.      Kordinasi antar anggota Tim Tindakan Darurat masih harus ditingkatkan agar lebih solid dan mempunyai integritas tinggi.

3.3. Komunikasi Tanggap Darurat harus ditingkatkan lebih baik melalui Pelatihan dan Workshop Praktis secara berkala termasuk komunikasi dengan Pihak Eksternal

Demikian laporan Pelaksanaan Simulasi Tanggap Darurat disiapkan untuk memberikan umpan balik dan evaluasi efektifitas sistem manajemen dalam upaya meningkatkan kinerja manajemen di masa yang akan datang.

Jakarta
Ketua Tim Tanggap Darurat




Komentar

  1. Nama ..... jayachandra fadhlan
    Negara .... indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih dengan hasil hasil jerih payah Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Saat saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka menyelesaikan meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya memperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa Jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya perlu semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan sejahtera.

    Perusahaan ..... karina roland perusahaan pinjaman
    W / S ...... + 1 (585) -708-3478
    email ...... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan tidak ada muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk meminta nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Are you in a financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
    GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
    We sell this card to all our customers and interested buyers worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000 spending limit in stores and unlimited on POS.
    **WHAT WE OFFER**
    *1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
    *2)BANKS LOGINS*
    *3)BANKS TRANSFERS*
    *4)CRYPTO CURRENCY MINNING*.
    *5)BUYING OF GIFT CARDS*,
    *6)LOADING OF ACCOUNTS*
    *7)WALMART TRANSFERS*
    *8)BITCOIN INVESTMENTS*
    *9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
    *10)BANK HACKING*
    email blankatmmasterusa@gmail.com
    you can also call or whatsapp us Contact us today for more enlightenment

    +1(539) 888-2243
    WE ARE REAL AND LEGIT...........2019 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED

    whatsapp only ===>>   +1(539) 888-2243

    BalasHapus
  4. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik karina roland untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ny. karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ny. karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk menaruh keberanian dan saya menghubungi Ny. karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Rola dan email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland 'untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  6. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  7. TESTIFIER: Ny. Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    CITY: Semarang
    MY WHATSAPP NO: +62 821-3272-6590
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK BCA
    ACCOUNT No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya berada dalam kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman terkemuka online yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan, tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipu karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang ASAP dan itu membuat saya mengirim kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki di bumi dan di surga, mereka terus meminta lebih banyak dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari omong kosong dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak percaya lagi. saya menjadi sangat kurus karena kurangnya makanan yang baik dan 2 anak saya usia 5 dan 8 juga tidak terlihat bagus selama periode COVID19 kuncian ini tidak ada perawatan yang layak sebagai akibat dari keuangan, minggu lask saya melihat teman keluarga lama suami saya dan saya mengatakan kepadanya semua yang saya telah lewati dan dia mengatakan satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke agen pinjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh pinjaman ini agen KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan suku bunga 2% yang terjangkau dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRASI} dan dia juga memberi saya alamat email yang bereputasi baik ini dan saya menghubungi mereka seperti yang diinstruksikan dan atas rahmat ALLAH YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa ada tekanan atau masalah Aku dan inilah sebabnya aku datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan untuk membiarkan orang tahu bahwa masih ada agen pinjaman nyata dan terkemuka online. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  8. HARI BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  9. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijak.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
    Salam Hormat

    BalasHapus
  10. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang baik kepada ibu karina roland karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  11. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Bahasa Indonesia
    W / S ......... + 62821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak dapat pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan peminjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSPOTIK. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan diizinkan ini membuat saya kehilangan uang, tapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Elena karina Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  12. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijak.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: 1 (815) 427-9002
    Nomor Perwakilan Indonesia: 6288286919466
    Salam Hormat

    BalasHapus
  13. NAMA SAYA ........... RIKRIK BUDIANTI
    NEGARA ............ INDONESIA
    KOTA ..................... BANDUNG, JAWA BARAT
    HIBAH PINJAMAN ...... Rp150.000.000,00
    EMAIL SAYA ........... rikrikbudianti27@gmail.com

    Kabar baik, kabar baik, Kabar baik
    Nama saya RIKRIK BUDIANTI, Warga Negara Indonesia. Saya telah ditipu oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat menjelajah internet dan tanpa daya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, namun akhirnya dihubungkan dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tempat dia mendapatkan pinjamannya . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan peminjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga memberi tahu saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi rekening kredit dan menabung semua yang meminjam dari saya dan alhamdulillah saya mendapat pinjaman sebesar Rp 150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan disini saya sangat diuntungkan karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah merubah hidup saya jadi saya berjanji pada diri sendiri saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
    via atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com) +1585 708-3478 dan ikuti aturannya, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan tentang cara saya mendapatkan pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    HANYA WHATSAPP ........ +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK ......... KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL ......... KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  14. NAMA SAYA ........... RIKRIK BUDIANTI
    NEGARA ............ INDONESIA
    KOTA ..................... BANDUNG, JAWA BARAT
    HIBAH PINJAMAN ...... Rp150.000.000,00
    EMAIL SAYA ........... rikrikbudianti27@gmail.com

    Kabar baik, kabar baik, Kabar baik
    Nama saya RIKRIK BUDIANTI, Warga Negara Indonesia. Saya telah ditipu oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat menjelajah internet dan tanpa daya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, namun akhirnya dihubungkan dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tempat dia mendapatkan pinjamannya . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan peminjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga memberi tahu saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi rekening kredit dan menabung semua yang meminjam dari saya dan alhamdulillah saya mendapat pinjaman sebesar Rp 150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan disini saya sangat diuntungkan karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah merubah hidup saya jadi saya berjanji pada diri sendiri saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
    via atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com) +1585 708-3478 dan ikuti aturannya, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan tentang cara saya mendapatkan pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    HANYA WHATSAPP ........ +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK ......... KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL ......... KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  15. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Company___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR FASKES/KLINIK BPJS KESEHATAN DI BEKASI